Cara Mudah Membuat Game dengan Notepad Windows

Monday, December 01, 2014

Baca Juga


OPOSIP - Apakah Anda tahu bahwa program Notepad sederhana di komputer Anda sebenarnya adalah alat pemrograman yang sangat kuat? Itu benar, dan itu juga sangat mudah dipelajari. Dalam artikel ini saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana untuk membuat game sederhana dengan hanya menggunakan program Notepad dan bahasa pemrograman yang disebut "Batch."

Batch adalah bahasa yang berjalan terutama dari command prompt Windows Anda. Sekarang, itu bahkan tidak dekat untuk menjadi bahasa pemrograman yang paling kuat di luar sana, tapi masih kita Anda lakukan cukup untuk menjadi sangat berguna untuk mengetahui (setidaknya bagi siapa pun di bidang komputer).

Tidak hanya itu berguna, tetapi juga dapat digunakan untuk membuat game berbasis teks menakjubkan! Apa adalah permainan berbasis teks Anda bertanya? Ini adalah permainan (yang sangat sederhana) di mana pengguna berinteraksi melalui penggunaan teks dan pilihan-making.You akan belajar cara mengatur situasi di mana karakter akan harus membuat pilihan tentang bagaimana mereka ingin mendekati masalah.

Sedikit Pengingat


Aku ingin pergi selama beberapa hal yang cepat sebelum kita masuk ke kode aktual. Hal pertama adalah bahwa semua perintah Anda harus disimpan pada baris yang berbeda. Jadi setelah Anda mengetik sesuatu di, dan dilakukan dengan apa yang akan berada di baris tersebut, tekan tombol "enter" tombol pada keyboard Anda untuk berpindah ke baris berikutnya.

Hal kedua yang saya ingin menyebutkan adalah bahwa batch file dibaca dari atas ke bawah. Ini berarti bahwa ketika Anda menjalankan file batch, semua kode di atas akan ditafsirkan dan akan dijalankan sebelum kode Anda di bagian bawah. Konsep inilah yang memungkinkan beberapa hal aku akan mengajarkan Anda, untuk bekerja. Jika misalnya Anda menempatkan "echo" komando dan di tempat baris berikutnya "cls" perintah, semua teks Anda akan dihapus tanpa pemain Anda mendapatkan untuk membacanya (ini akan lebih masuk akal nanti).

Jika Anda pernah memiliki masalah dan permainan Anda tidak bekerja dengan benar, pastikan Anda kembali dan memastikan bahwa Anda tidak membuat kesalahan ini.

Memulai Notepad


Mari kita mulai dengan membuka Notepad:

Klik pada ikon menu start dan pergi ke "All Programs." Daftar semua program di komputer Anda akan muncul, bersama dengan sebuah file yang bernama "Accessories." Pergi ke folder aksesoris dan Anda harus menemukan Notepad, klik di atasnya untuk memulai.


Kode!


Sekarang Anda siap untuk mulai mengetik baris pertama Anda kode, serta belajar Anda perintah pertama. Perintah masing-masing dari kata-kata yang kita ketik untuk program yang memiliki fungsi; seperti echo, atau perintah pause.

@echo off, echo, echo. dan pause


Perintah pertama saya akan mengajarkan Anda sangat sederhana, namun, mereka memainkan bagian penting dalam proses coding (terutama jika Anda membuat permainan!).

@echo off - Perintah ini digunakan untuk menghapus semua teks yang tidak perlu yang dapat mengganggu permainan Anda. Ini harus selalu ditambahkan pertama; setelah itu ditambahkan ke file, tidak harus mengetik lagi.

@echo digunakan untuk menampilkan teks biasa dalam permainan Anda. Misalnya Anda dapat mengetik: "! Gema Halo petualang", dan orang-orang bermain game Anda akan lihat adalah "Hello petualang!" (Selama Anda mengetik @ Echo off).

 @Echo. (dengan periode) digunakan untuk membuat baris kosong dalam permainan Anda. Hal ini dapat berguna dalam menjaga teks rapi.

@Pause- Perintah ini digunakan bila Anda ingin pemain untuk beristirahat, dan yang paling sering digunakan ketika Anda ingin memberi mereka waktu untuk membaca beberapa teks. Bila Anda menggunakan kode ini muncul sebagai "Tekan sembarang tombol untuk melanjutkan..." Pemain kemudian dapat menekan tombol apa saja, ketika mereka siap, untuk terus bermain.


cls, Exit, Title, dan Color


Ok, ini set berikutnya perintah semua benar-benar sederhana juga, tapi bagus untuk memiliki.

cls - cls adalah perintah yang saya gunakan banyak. Ini adalah singkatan dari "layar yang jelas", dan apa yang dilakukannya adalah menghapus semua teks yang telah dibuat dalam jendela command prompt (ergo, membuat kosong layar). Ini adalah alat yang baik ketika Anda ingin menyimpan permainan Anda mencari bersih dan teratur.

exit - Ini tidak persis apa yang terdengar seperti, menutup permainan. Anda hanya harus menggunakan ini ketika karakter mencapai akhir pertandingan, atau jika Anda ingin permainan untuk menutup ketika mereka mati atau membuat keputusan yang salah.

menampilkan Title apapun yang ditulis setelah itu di bar Title jendela command prompt - Title.

Color - Color adalah perintah yang benar-benar menyenangkan, dan dapat digunakan untuk menghidupkan permainan Anda. Ketika Anda menambahkan kode Color, diikuti dengan spasi dan satu set tertentu dari angka atau huruf, Anda dapat mengubah Color dari jendela command prompt. Untuk daftar Color yang tersedia lihat gambar di bawah atau membuka command prompt dan ketik "Color /?".

Anda dapat mengakses command prompt dengan pergi kembali ke folder aksesoris di start menu. Ini harus dalam daftar yang sama dengan Notepad.


Mari kita Menggunakan fungsi Istirahat (jeda)


Mari kita berhenti sejenak dan melihat apa yang kita miliki sejauh ini. Saya telah menunjukkan Anda beberapa perintah dasar, dan telah mengajarkan Anda bagaimana untuk menggunakannya. Ingat bahwa setiap perintah harus pergi pada garis yang berbeda (jadi tekan tombol "enter" setelah Anda selesai dengan setiap perintah). Lihatlah gambar di sebelah kanan, sehingga cara Anda dapat yakin bahwa Anda tahu tentang apa file Anda akan terlihat seperti.

goto


"goto" perintah sederhana, setelah Anda mendapatkan untuk tahu itu. Perintah ini digunakan bila Anda ingin seorang pemain untuk melompat ke bagian yang berbeda dari permainan Anda, seperti ketika mereka membuat keputusan tertentu.

Ia bekerja dengan cara ini:

Anda memasukkan "goto" perintah pada baris terpisah, atau pada akhir sebuah "jika" pernyataan (yang kita akan membahas nanti). Anda kemudian menentukan variabel yang akan menjadi nama tujuan. Nama bisa apa saja yang Anda inginkan, dan terdiri dari kata (s) yang ditulis setelah "goto".

Untuk menentukan tujuan Anda:

Pindah ke baris baru kode, langsung di atas di mana Anda ingin player Anda untuk memulai. Ketik usus ':' diikuti dengan nama tujuan.


set / p dan if


Perintah ini adalah perintah yang paling canggih yang saya akan mengajar Anda. Mereka berdua harus mengatur dengan cara tertentu dan juga bekerja sama dengan beberapa lainnya, perintah yang lebih kecil agar dapat berfungsi dengan benar.

set / p variabel = - Perintah ini digunakan bila Anda ingin player Anda untuk memasukkan variabel (jawaban yang bervariasi). Ini bisa di mana saja dari nama mereka dengan nama senjata atau bahkan jawaban salah satu pilihan yang telah Anda berikan kepada mereka. Sering kali variabel ini akan dirujuk kemudian, dan karena itu harus diberi nama. Nama bisa menjadi apa pun yang Anda inginkan (tapi ingat bahwa Anda mungkin mengetik di banyak ketika membuat permainan Anda). Saya pikir itu akan mudah jika saya memberi Anda beberapa gambar yang menunjukkan Anda bagaimana untuk membuat variabel.

set /p name =
Lihat bagaimana saya menggunakan "echo" perintah untuk meminta pemain saya apa namanya? Saya kemudian pergi ke depan dan ketik:


set /p name =

Ini adalah di mana pemain saya akan mengetik namanya. "Nama" Sejalan ini adalah variabel saya. Dalam arti apa yang kita lakukan adalah pengaturan (set) variabel (nama) untuk sama (=) apa pun jenis pengguna.

Kita dapat referensi variabel ini kemudian dengan menempatkan nama variabel dalam dua '%' simbol. Sebagai contoh:

echo Halo nama%%, nama saya Habib Rohman.

Ini akan memberi makan apapun pemain mengetik, kembali kepadanya dalam bentuk teks.


if - perintah ini digunakan ketika kita membuat if / kemudian laporan. Kita dapat menggunakannya dalam hubungannya dengan "set / p" dalam rangka menciptakan pilihan untuk pemain.

1. Tanyakan pemain pertanyaan dengan "echo" perintah. Pastikan dengan jelas menyatakan pilihan mereka.
2. Memberi mereka kemampuan untuk memasukkan jawaban dengan "set / p" perintah.
3. Buat "if" pernyataan yang memungkinkan pilihan pemain untuk memiliki konsekuensi, dan yang memungkinkan cerita untuk melanjutkan.
"if" pernyataan yang digunakan dengan "equ" dan "neq" yang berarti "sama" dan "tidak sama dengan", masing-masing.

Ini adalah bagaimana pernyataan Anda akan terlihat:
:start
echo YA atau TIDAK?
set /p variable=
if %variable% equ YA goto situation1
if %variable% equ TIDAK goto situation2
if %variable neq YES goto start
Semua kode ini berarti bahwa jika jenis pemain dalam "YA" dia akan dikirim ke "situation1"; jika dia jenis dalam "NO" dia akan dikirim ke "situation2"; jika dia jenis dalam tidak "YA" atau "TIDAK" dia akan dikirim kembali ke awal pertanyaan.

Ingat ketika saya katakan sebelumnya bahwa perintah Anda menulis hal-hal kode Anda? Jika Anda mengetik di "neq YES" kode sebelum "equ NO" kode, pemain Anda tidak akan pernah bisa sampai ke "situasi 2".


Penyimpanan


Hal terakhir yang saya butuhkan untuk menunjukkan bagaimana melakukannya adalah untuk menyimpan file Anda. Setelah Anda semua selesai, klik "file" tombol di bagian atas layar, kemudian klik "Save As." Ini akan menampilkan jendela di mana Anda dapat membuat nama untuk Anda game dan menyimpannya di manapun Anda inginkan. Namun, Anda perlu memastikan bahwa Anda menyimpannya sebagai (bat) Batch file dan bukan sebagai file teks biasa (.txt).

Untuk melakukan hal ini, setelah Anda mengetikkan nama permainan Anda tambahkan Kelelawar belakangnya. Anda kemudian harus pergi ke "Save as type" dan pilih "All Files."

Maka Anda selesai! Yang harus Anda lakukan adalah tekan tombol "save" tombol.

Ingat, Anda dapat mengedit permainan Anda setiap saat dengan mengklik kanan pada file batch dan memilih "edit."


kesimpulan


Ini semudah itu! Dengan hanya beberapa perintah pendek yang saya ajarkan (echo off, echo, cls, pause, color, goto, dll) Anda bisa berada di jalan untuk membuat game berbasis teks yang sangat besar dan kompleks. Selalu periksa kode Anda untuk memastikan bahwa Anda mengetik semuanya dengan benar, dan jika Anda memiliki pertanyaan jangan ragu untuk memberikan komentar dan saya akan kembali kepada Anda sesegera mungkin. Good luck dan bersenang-senang!





TERIMA KASIH

SALAM BLOGGER

Share this :

41 Komentar
avatar

ini udah paling gampang gan . :-?

Balas
avatar

ga ada,
soalnya ini makenya script script CMD

Balas
avatar

Thanks Man !!!

Balas
avatar

kok ga mau tersimpan untuk batch?

Balas
avatar

setelah disimpan dalam bentuk file .bat lalu klik dua kali

Balas
avatar

bisa gan, notepad nyab pas mau nyimpan dibikin all files type nya , jangan yg text

Balas
avatar

gan cara biar ada gambar bergerak gimana?

Balas
avatar

ini game cmd gan, alias DOS .. jadi ya maaf nggak bsa dikasih gambar :D
tapi kalau gambarnya kayak di mod jadi text mungkin bisa

Balas
avatar

infonya sangat bermanfat dan menambah wawasan,, thanks gan..

Balas
avatar

simpan dengan type file .bat .. dan anda tinggal membukanya dengan double klik gan

Balas
avatar

klo pake' PHP contohnya g mna yah....
ekstensi filenya pake' apa gan....

Balas
avatar

klo pake' PHP contohnya g mna yah....
ekstensi filenya pake' apa gan....

Balas
avatar

klo pake' PHP contohnya g mna yah....
ekstensi filenya pake' apa gan....

Balas
avatar

maksudnya mas pakai editor PHP atau gimana? tolong diperjelas lagi mas pertanyaanya

Balas
avatar

gai kalau ini apa yang salah kok gak bisa di lanjutin mainya

@echo off
color b3
:home
cls
title Always Fun
echo.
echo selmat datang, siapa nama anda?
set /p name=
echo hai %name% selamat datang di ALWAYS FUN
echo kamu akan bersenang senang di sini!!
echo apa kamu suka game ini? (y/t)
set /p startgoto=
if %startgoto% == y goto menu
if %startgoto% == tdak goto keluar
:keluar
cls
echo apa kamu yakin mau keluar? (ya/tidak)
set /p keluargoto=
if %keluargoto% == ya goto exit
if %keluargoto% == tidak goto home
:menu
cls
echo silahan pilih menu di bawah ini
echo.
echo 1) main
echo 2) bantuan
echo 3) biografi eitor
echo 4) keluar
if %number% == 1 goto play
if %number% == 2 goto bantuan
if %number% == 3 goto biografi
if %number% == 4 goto keluar
:biografi
cls
echo hai, mau tau tentang aku ya..? (mau/gakmau)
set /p menugoto=
if %menugoto% == mau goto biografiA
if %menugoto% == gakmau goto menu
:biografiA
cls
echo hai sobat
echo namaku Chkimo
echo aku berasal dari kota batu jawa timur
echo aku berumur 14 tahun
echo aku senang sekali bisa menyelesaikan game in
echo bagi yang suka game ini bisa di kunjingi
echo facebooku di
echo Chikimo Tokame Rindorikarinrinkatekifukari
echo cukup sampai di sini saja ya perkenalanya
echo kembali ke menu! (y/t)
if %menugoto% == y goto menu
if %menugoto% == t goto keluar

Balas
avatar

Makasih Info cara buatnya Take She So Easy

Balas
This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus
This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus
This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus
This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus
This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus
avatar

Gan mohon bantuannya saya masih bisa berjalan sesampainya milih tiba tiba keluar mohon min
@echo off
color 09
cls
title Game by WildanIND
echo.
echo Selamat Datang
echo.
echo Siapa nama anda?
set /p name=
echo Hai ^_^ %name%,nama saya Wildan.
echo.
pause
:start
cls
echo.
echo Pergi kemana tujuan kamu saat kamu liburan sekolah?
echo.
echo Pantai, Gunung, Laut, atau Dirumah saja?
set /p dimana=
echo.
if %where% equ Pantai goto Pantai
if %where% equ Gunung goto Gunung
if %where% equ Laut goto Laut
if %where% equ Dirumah saja goto Di rumah saja
:Pantai
cls
echo.
echo OK! Ayo Kita liburan ke Pantai !!
echo.
pause
exit
:Gunung
cls
echo.
echo OK! Ayo Kita liburan ke Gunung !!
echo.
pause
exit
:Laut
cls
echo.
echo OK! Ayo kita liburan ke Laut !!
echo.
pause
exit
:Di rumah saja
cls
echo.
echo HaHaHa Kasihan deh kamu Semoga Betah Liburan di

rumah !!
echo.
pause
exit
e
pause
exit

Balas
This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus
avatar

Gan, program aye udah semuanya diteliti dan sudah benar tanpa ada kesalahan, tapi pada saat di suatu scene, tiba tiba cmd-nya keluar sendiri :'v setelah saya ss, ternyata ada bacaan "The Syntax of the command is incorect" padahal sudah saya cek berulang kali, tidak ada yang salah sama sekali, bagaimana solusinya? Saya butuh sekali pencerahan. :D

Balas
avatar

thanks gan, temen ane buatin program tapi ane lupa gmn ngebukanya untung nemu tulisan ente :v

Balas
avatar

download video Cara Mudah Membuat Game dengan Notepad Windows di http://savefrom.party/

Balas
avatar

Cukup rumit juga caranya.

bagi yang ingin belajar mengenai SEO bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/belajar-seo.html

Balas
avatar

gan, ane udah coba sendiri dengan script dan file batch sendiri. tapi intinya sama dengan tutorial di atas. Saya mengalami sedikit masalah dengan file batch saya, file yang saya buat ini sudah bisa di buka. tetapi setiap saya memasukkan input asal-asalan, program tetap mengeksekusi jawaban asal saya tadi. misal harusnya jawab tambak tapi saya jawab asal. program langsung menjawab ayo kita pergi ke tambak. solusinya gimana ni gan?

Balas
avatar

Pintar Kamu Disini Siapa Yah Yang Jadi Admin Nyaa?
SalamHACKER

Balas
This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus
avatar

bung Bayu kalo bung bayu mau buat game yg pake gambar bung bayu bisa buat di aplikasi yg namanya GameMaker

Balas
avatar

salut, gampang banget dipahami, tutor yang singkat dan jelas serta mudah dipahami oleh orang awam, sebenarnya saya sudah mempelajarinya secara autodidak, namun baru baca tutor semudah ini yang membuat lebih mudah memahami,
SALUT DAH

Balas
avatar

kirim script nya gan,ane mau coba koreksi

Balas

Gunakanlah form komentar dengan baik dan bijak, hargailah penulis.
Komentar yang mengandung SPAM tidak akan di tampilka penulis

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔