pfSense - Open Source Firewall dan Router Platform

Sunday, December 21, 2014

Baca Juga

Apa yang dimaksud dengan pfSense?


OPOSIP - PfSense merupakan software gratis, disesuaikan distribusi FreeBSD yang dapat mengubah komputer lama menjadi penuh Terpilih router dan firewall.

PfSense diciptakan pada tahun 2004 sebagai sebuah garpu dari proyek m0n0wall yang sangat populer. Perbedaan utama antara pfSense dan m0n0wall adalah pfSense yang dirancang terutama untuk diinstal pada PC daripada perangkat embedded yang memungkinkan pfSense untuk menawarkan lebih banyak fleksibilitas dan fitur.

PfSense ini sangat fleksibel dan dapat dengan mudah disesuaikan dengan berbagai aplikasi, mulai dari router rumah firewall untuk jaringan perusahaan besar. PfSense mudah untuk menginstal dan memelihara menawarkan antarmuka pengguna berbasis web yang sangat berguna. PfSense memiliki banyak fitur yang sering hanya ditemukan di router komersial yang mahal.

Kegunaan yang sering di manfaatkan dari pfSense

  • LAN / WAN Router
  • Internet Cafes
  • Wireless Hotspot (Captive Portal)
  • VPN Router
  • Firewall
  • DHCP / DNS Server
  • Wireless Access Point
  • Transparent Squid Proxy Server
  • Multi Wan Router or Load Balancer
  • DNS Blacklist
  • Port Forwarding / NAT (Network Address Translation)

Mengapa menggunakan pfSense bukan router lain?


PfSense cepat, gratis dan stabil menawarkan ton fitur yang besar.

Jika Anda memiliki router yang sudah ada yang tidak menawarkan fitur, atau kinerja yang Anda butuhkan pfSense adalah pilihan yang cocok untuk menggantinya dengan. Menawarkan kontrol perangkat keras Anda dapat menyesuaikan sistem Anda pfSense dengan komponen-komponen yang Anda inginkan.

Jika Anda sudah pernah berbelanja untuk router atau firewall's sebelum Anda mungkin tahu bahwa tergantung pada fitur Anda mencari mereka dapat cukup mahal. Dengan menggunakan pfSense Anda dapat menyimpan banyak uang tanpa mengorbankan fitur.


Instalasi tertanam


PfSense juga dapat diinstal pada beberapa platform tertanam yang berbeda seperti PC-Engine, Soekris, Alix, dan lain-lain.

Menginstall tertanam adalah pilihan yang baik jika Anda mencari untuk menciptakan alat kecil, tenang, rendah daya untuk menjalankan jaringan Anda. Jika Anda seorang konsultan itu akan terlihat jauh lebih profesional untuk mengatur perangkat pfSense tertanam untuk pelanggan bukan PC tua.

Jika Anda memutuskan untuk melakukan instalasi Anda pada perangkat embedded pastikan untuk men-download versi tertanam pfSense. Rilis tertanam dirancang untuk diinstal pada perangkat keras bahwa menggunakan kompak flash untuk penyimpanan. Platform tertanam telah tweak khusus yang akan sangat memperluas kehidupan media penyimpanan.

Memulai dengan pfSense


Untuk setup router pfSense Anda sendiri, Anda akan memerlukan komputer lama dengan setidaknya dua kartu jaringan yang diinstal. Jika Anda tidak memiliki komputer cadangan Anda mungkin dapat menemukan satu dengan biaya rendah di Craigslist, eBay, atau penjualan garasi lokal. PfSense juga dapat menjalankan beberapa tertanam perangkat seperti Soekris Net5501.

Untuk berjalan-jalan lengkap melalui proses instalasi memeriksa link ini, mendirikan sebuah router pfSense.

Opsi dukungan


Ada beberapa pilihan untuk mendapatkan dukungan untuk pfSense. Dukungan gratis tersedia melalui forum, milis, dan juga di IRC.

BSD perimeter, perusahaan yang didirikan pfSense juga menawarkan dukungan komersial yang dirancang untuk pengguna yang menjalankan pfSense di lingkungan perusahaan.

Satu tahun berlangganan dukungan mencakup 5 jam dukungan yang dapat digunakan untuk konfigurasi pertanyaan, desain jaringan, migrasi ke pfSense, sebagai isu-isu lain yang mungkin Anda temui.

Komersial dukungan pelanggan juga mendapatkan akses ke konfigurasi otomatis cadangan utilitas yang dapat secara otomatis mem-backup konfigurasi sistem pfSense Anda. Anda juga mendapatkan akses online ke buku pfSense.

Belajar lebih banyak


Ada sebuah komunitas besar yang dibangun di sekitar pfSense yang menawarkan dukungan yang sangat baik dan
dokumentasi. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang pfSense atau untuk menjadi seorang ahli saya sangat
sarankan memeriksa buku pfSense: The panduan definitif, dibuat oleh pendiri
Chris Buechler.






TERIMA KASIH

SALAM BLOGGER

Share this :

0 Komentar

Gunakanlah form komentar dengan baik dan bijak, hargailah penulis.
Komentar yang mengandung SPAM tidak akan di tampilka penulis

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔