Panduan untuk Pemula Menggunakan Sistem Operasi Linux Gratis

Wednesday, June 24, 2015

Baca Juga

Pengenalan Sistem Operasi Linux untuk Pemula Lengkap

Linux adalah sistem operasi komputer bebas dan open source. Mereka umumnya digunakan sebagai workstation oleh programmer, untuk menjalankan situs web server, atau 'tertanam elektronik' (pada dasarnya apapun dari internet router untuk robot). Tetapi mereka juga dapat digunakan oleh pengguna komputer biasa pada laptop atau komputer desktop, dan bahkan tersedia untuk ponsel dan tablet.

Meskipun belajar menggunakan Linux dapat mengambil sedikit waktu, seperti sedikit berbeda dari sistem operasi populer seperti Windows, Mac OS-X dan Android, ada beberapa keuntungan yang besar untuk membuat beralih ke Linux.

Keuntungan terbesar adalah fakta bahwa itu gratis. Sistem operasi adalah benar-benar suatu bagian penting dari biaya untuk membeli komputer, jadi jika Anda mencari mesin yang murah kemudian Linux is definately worth mengambil melihat. Meskipun banyak pengecer besar teknologi tidak saham komputer dengan sistem operasi Linux yang diinstal tidak terlalu sulit untuk membeli mereka melalui internet atau dari jenis peritel independen lokal yang menawarkan komputer perbaikan dan juga menjual mesin (hanya meminta mereka jika Anda tidak melihat apa-apa pada layar, dan mereka mungkin akan membuat Anda sebuah mesin kustom untuk harga yang sangat rendah). Anda juga dapat menginstalnya pada komputer yang Anda sudah sendiri (yang besar jika Anda memiliki mesin tua dengan OS usang), dan Anda bahkan dapat menggunakannya pada komputer Anda saat ini sementara masih menjaga sistem operasi yang biasa Anda! (Lihat di bawah untuk rincian tentang bagaimana untuk melakukan hal ini).

Karena etos bebas dan open source sistem operasi ini Anda juga akan menemukan bahwa ada berbagai perangkat lunak yang tersedia secara gratis, yang berarti bahwa tidak hanya Anda membayar lebih sedikit untuk pembelian awal tetapi Anda juga bisa mendapatkan banyak alat-alat perangkat lunak bebas untuk melakukan segala sesuatu yang Anda inginkan atau butuhkan.

Keamanan adalah manfaat utama lain dari sistem operasi Linux. Dengan cara yang mereka dibangun berarti bahwa mereka jauh lebih aman - jauh lebih sulit untuk hack ke dalam. Fakta bahwa ini adalah sebuah sistem operasi yang kurang populer juga berarti bahwa ada lebih sedikit hacker bekerja pada perangkat lunak berbahaya untuk istirahat ke dalamnya. Ini adalah alasan yang sama mengapa Apple lebih aman dan lebih rentan terhadap virus dan serangan hacker daripada Windows - tetapi mereka pergi ganda untuk Linux. Ini berarti bahwa ada sangat sedikit contoh rekaman Linux virus, dan tidak ada yang pernah bertahan 'di alam liar' (bukan bukti dari konsep demonstrasi). Karena ini, banyak pengguna bahkan tidak merasa perlu repot-repot mendapatkan software anti-virus terpisah (berarti lebih tabungan serta peningkatan ketenangan pikiran untuk Anda!).

Linux adalah sistem operasi yang sangat fleksibel, yang tersedia dalam banyak rasa yang berbeda untuk jenis pengguna, dan yang dapat disesuaikan lebih daripada saingan yang lebih populer. Rasa yang berbeda yang tersedia disebut 'distribusi'. Karena itu telah dirilis di bawah lisensi permisif open source, berbagai macam pengembang independen mampu membuat versi mereka sendiri dari Linux untuk 'mendistribusikan'. Linux itu sendiri adalah benar-benar didasarkan pada lain open source sistem operasi Unix - basis kode yang sama yang disebut bahwa Apple Mac OS dibangun.

Dan akhirnya, jika Anda telah pernah mempertimbangkan belajar bagaimana untuk menulis kode Linux pasti akan membuat hidup Anda jauh lebih mudah. Itu datang dengan berbagai bahasa yang berbeda setelah terinstal, dan ada lebih banyak gratis open source pemrograman yang tersedia untuk OS ini daripada ada untuk Windows atau Mac - dan banyak orang-orang yang juga tersedia di sistem operasi lain lebih baik dan lebih mudah untuk menginstal dan menggunakan Linux.

Anda bahkan bisa mendapatkan dengan murah micro-controller seperti Pi Raspberry yang menjalankan sistem operasi Linux dan belajar tentang pemrograman, elektronik dan bahkan Robotika, atau mendapatkan sesuatu seperti sebuah kit Kano yang bertujuan untuk mengajar anak-anak ilmu komputer dengan kit sederhana untuk membuat dan program komputer mini!

Beberapa keluarga Linux

Keluarga Linux
Keluarga Linux

Daftar distribusi Linux

Ada begitu banyak distribusi yang berbeda luar sana bahwa tidak ada cara saya dapat menyediakan jenis daftar lengkap. Juga, walaupun saya telah menyertakan sebagian besar distribusi lebih populer, ini tidak dimaksudkan untuk menjadi 'atas daftar'. Sebaliknya saya telah mencoba untuk mencakup rentang yang baik dari OS yang berbeda relevan untuk berbagai jenis pengguna dan berbagai penggunaan kasus. Saya telah dikeluarkan setiap distribusi yang dirancang untuk web hosting server atau profesional TI, karena saya pikir yang tidak mungkin ada orang yang menginginkan ini akan perlu untuk membaca artikel seperti ini untuk memilih OS benar untuk tujuan mereka. Untuk masing-masing, saya telah menyertakan deskripsi singkat dan link bagi Anda untuk menjelajahi lebih lanjut jika kesukaan Anda.

Masing-masing utama 'rasa' Linux sendiri telah diubah oleh pengembang lain dan didistribusikan sebagai sistem operasi baru. Mana hal ini aku telah memberikan distribusi utama sendiri sub judul, diikuti dengan sebuah daftar dari anak-anak.

Debian


Debian adalah jauh keluarga yang paling populer dari distribusi Linux. Utama Debian OS ini sangat stabil dan user-friendly, menjadikannya pilihan yang baik bagi pemula yang ingin mendapatkan gigi mereka terjebak mempelajari sistem tanpa harus khawatir tentang mengganggu bug dan glitches. Selain kehandalan, para pengembang di balik Debian telah difokuskan pada membuat pekerjaan OS mereka dengan berbagai hardware yang berbeda, dan memastikan bahwa berbagai macam perangkat lunak bebas tersedia bagi pengguna. Anda bisa mendapatkan distribusi utama Debian di sini.
  • Mint: pemain yang relatif baru di blok, Mint dengan cepat berkembang menjadi paling populer Linux sistem operasi benar-benar tersedia dalam dua edisi - yang didasarkan pada Debian dan yang lain di Ubuntu (Lihat di bawah), tapi saya akan hanya memasukkannya sekali dalam daftar ini. Bertujuan untuk melakukan lebih 'dari kotak' daripada utama paket Debian, pengalaman yang lebih disesuaikan, user-friendly dan dipoles desktop. Ini adalah khusus baik untuk codec multimedia yang mencakup. Mint adalah pilihan yang baik untuk pengguna biasa (non-programmer) dan merupakan salah satu pemula lebih ramah distribusi.
  • Boum: 'Amnesic penyamaran Live sistem', atau ekor untuk jangka pendek, adalah versi berorientasi privasi Debian yang memaksa semua koneksi melalui TOR browser, membuat pengguna benar-benar anonim (untuk mempelajari lebih lanjut tentang TOR memeriksa hub saya menjelajahi DarkNet). Jika Anda terganggu oleh tingkat yang NSA dan organisasi lainnya 'big brother' memata-matai orang, atau Anda menemukan jumlah data perusahaan multinasional himpun tentang Anda sedikit menyeramkan dan mengganggu, maka ini mungkin OS yang sempurna untuk Anda.
  • 64 studio: dirancang untuk materi iklan multimedia, DJ dan penggemar serius media OS ini memiliki berbagai macam alat untuk musik dan video editing atau produksi yang tersedia secara gratis dan sudah terintegrasi ke dalam sistem.

Ubuntu

Ubuntu benar-benar dibangun di atas Debian, berarti bahwa mereka berbagi banyak fitur dan paling Debian paket perangkat lunak akan bekerja pada Ubuntu. Ini memiliki banyak distribusi sendiri, bagaimanapun, jadi saya telah menyertakan sebagai sub; menuju. Ubuntu memfokuskan pada kemudahan penggunaan dan pengembangan fitur pengguna nyaman ramah. Juga bertujuan untuk meningkatkan jangkauan software yang tersedia dengan santai proses pemeriksaan kontrol kualitas yang ketat Debian, yang berarti bahwa ada lebih banyak perangkat lunak canggih yang tersedia, dan software baru sering tersedia di Ubuntu sebelum Debian. Ubuntu tersedia untuk komputer desktop, laptop, tablet dan ponsel. Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang Ubuntu distribusi utama di sini.
  • Mythbuntu: dengan kemasan bersama sistem operasi Ubuntu dengan MythTV gratis dan open source solusi home theater, Mythbuntu mampu menawarkan mudah untuk menginstal dan sistem operasi yang sangat disesuaikan bagi pengguna untuk membuat sendiri media server, home theater PC atau set top box.
  • Lubuntu: berfokus pada kecepatan dan efisiensi OS ini menawarkan efisiensi energi sangat baik dan mampu bekerja baik bahkan di murah, kurang kuat mesin.
  • Kubuntu: Rupanya sistem Linux 'termurah', Kubuntu bertujuan untuk membuat antarmuka pengguna grafis yang lebih akrab dan user-friendly. Dipasarkan sebagai 'open source alternatif untuk Windows', dan pengguna Windows mungkin akan menemukan ini menjadi paling akrab semua distribusi Linux dan salah satu yang paling mudah untuk mempelajari.
  • Edubuntu: sistem ini ditujukan pada mereka yang terlibat dalam dasar dan pendidikan sekolah menengah, dan membuat berbagai macam alat pendidikan tersedia gratis untuk para penggunanya.

Gentoo

The Gentoo distribusi bertujuan untuk menciptakan sistem yang sangat optimal yang sangat disesuaikan dan juga tinggi kinerja. Distro utama ditujukan untuk pengguna yang lebih percaya diri, tetapi beberapa dari varian lebih user friendly. Anda dapat menemukan situs Gentoo.
  • Chromium OS: sistem operasi open source dengan tampilan dan nuansa serupa untuk peramban web Google chrome. Ini adalah terutama sistem operasi berbasis web ditujukan pada orang-orang yang menghabiskan sebagian besar waktu komputer mereka di internet dan tidak perlu banyak perangkat lunak yang diinstal pada mesin itu sendiri. Versi ringan yang lain adalah Cr OS, yang sangat baik untuk kurang kuat mesin netbook. Salah satu dari ini baik untuk pemula dan kurang percaya diri pengguna.
  • Gentoox: Fancy hacking Xbox Anda? Gentoox adalah sistem operasi berbasis Gentoo dirancang untuk diinstal pada konsol permainan Xbox.

Fedora

Fedora memiliki fokus yang kuat pada perangkat lunak bebas, sementara juga membuat teknologi canggih terbaru yang tersedia untuk para penggunanya. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang Fedora Project sini.
  • Qubes: OS desktop yang dirancang untuk keamanan sadar.
  • Kororaa:: Versi ramah pemula yang lebih dari Fedora.

5 dari distribusi Linux Terbaik untuk Pemula


Test Drive Linux dengan boot dari Memory Stick

jika Anda berpikir tentang memberikan Linux mencoba tetapi tidak ingin mengambil risiko untuk menginstal satu komputer Anda, atau membeli mesin baru dengan itu sudah terinstal, ketika Anda tidak tahu apakah Anda akan menyukainya atau dapat menggunakannya dengan baik, maka memiliki tidak takut! Anda dapat boot Linux dari CD atau USB memory stick tanpa menginstalnya pada mesin Anda. Ini sempurna untuk mengambil itu untuk 'test drive' untuk melihat apakah Anda menyukainya sebelum membuat komitmen lebih permanen, dan juga digunakan oleh beberapa orang untuk memiliki sistem operasi portabel yang dapat mereka gunakan di komputer manapun. Ini disebut 'live cd' atau 'hidup tongkat' boot, dan akan meninggalkan jejak sistem operasi atau apa pun yang Anda lakukan sewaktu menggunakan pada komputer Anda boot ke. Anda dapat dengan mudah membeli CD atau memori stick dengan OS sudah di atasnya, tapi itu tidak benar-benar akan sesuai dengan semangat bebas Linux jadi saya akan merekomendasikan men-download perangkat lunak yang diperlukan dan membuat sendiri-yang tidak sulit. Melihat bagaimana untuk membuat sebuah bootable USB untuk Ubuntu, misalnya.
Apakah Anda tahu Anda juga dapat menjalankan beberapa sistem operasi pada mesin tunggal? Hal ini memungkinkan Anda untuk memiliki Linux untuk bermain dengan, belajar, menjelajahi, dan mengambil keuntungan dari banyak paket perangkat lunak bebas, sementara masih dapat menggunakan program-program lama yang akrab dan apps.

Windows VS Linux VS Mac

Windows vs Linux vs Mac
Windows vs Linux vs Mac

Pemula yang Menggunakan Ubuntu



Baris perintah Linux


Meskipun banyak pemula lebih ramah versi Linux juga telah mengembangkan antarmuka pengguna grafis yang membuat menggunakan mereka lebih suka menggunakan salah satu sistem operasi yang lebih populer, kekuatan yang sesungguhnya dari perangkat lunak ini datang ketika Anda belajar untuk menggunakan baris perintah. Ini berarti mengendalikan komputer Anda dengan menulis teks perintah langsung untuk apa yang Anda inginkan dan membuat mesin yang melakukan persis apa yang Anda katakan itu, daripada menavigasi melalui menu dan penjelajah file dan menggunakan fungsi ditetapkan.

Menggunakan ini membuat Linux lebih sulit untuk belajar daripada sistem operasi lain, tetapi juga lebih fleksibel dan kuat. Pada dasarnya ini adalah bentuk pemrograman komputer, tetapi bukan menulis seluruh perangkat lunak Anda biasanya hanya menulis perintah singkat dan sederhana yang terdiri dari hanya beberapa kata. Meluangkan waktu untuk baris perintah adalah pengenalan yang sangat baik untuk pemrograman yang lebih maju, dan dapat mengubah orang menjadi kuasa pengguna mampu mendapatkan lebih banyak keluar dari mesin daripada Anda akan dengan Windows atau Mac.

Untuk mendapatkan ide dari apa yang ini adalah seperti saya telah menyertakan sebuah video di bawah ini yang ditujukan untuk pemula dan menunjukkan banyak dari perintah yang paling umum.






SEMOGA BERMANFAAT

Share this :

0 Komentar

Gunakanlah form komentar dengan baik dan bijak, hargailah penulis.
Komentar yang mengandung SPAM tidak akan di tampilka penulis

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔