Mendapat Pencarian Tepat di Google Penelusuran Lanjutan

Saturday, July 04, 2015

Baca Juga

OPOSIP - Bagi anda khususnya kalangan orang yang suka berinternetan ria, berselancar di dunia maya, mencari sesuatu yang anda diinginkan sekarang memanglah sangat mudah sekali. Pasalnya, sekarang mesin pencari ada banyak sekali, sebut saja Google yang menjadi primadona dari mesin pencari di dunia maya, diikuti dengan Bing yang sekarang mulai menyusul Google dalam mengembangkan mesin pencarinya dan tidak luput pula Ask yang telah menempel di berbagai browser dengan plugin-pluginnya.

Namun, anda perlu tahu bahwa raksasa mesin pencari saat ini (www.google.com) belum sepenuhnya sempurna. Meskipun kini jika dibandingkan dengan pesaing-pesaing terdekatnya, Google mampu menduduki peringkat teratas dengan system yang telah ia bangun selama berpuluh-puluh tahun. Namun apa daya, manusia saja yang ciptaan Allah (Tuhan) tidaklah makhluk sempurna apalagi Google, yang basic-nya ciptaan manusia saja.

Pada tutorial kali ini, saya akan berbagi kepada anda bagaimana agar anda bisa mendapatkan hasil pencarian 100% yang anda inginkan dari raksasa mesin pencari terbesar di dunia ini (www.google.com). Cara ini sudah saya uji selama bertahun-tahun (ceilah sok-sok an). dan sering memberikan hasil yang memuaskan sekali, Jarang sekali saya tidak mendapatkan hasil yang saya inginkan/target-kan, pasalnya karena saya menggunakan/memaksimalkan fitur-fitur baik itu fitur tersembunyi atau tidak yang telah di sediakan oleh Google.

Karena Tutorial yang akan saya publish ini sangat banyak sekali (karena beserta penjelasan) maka saya akan publish dengan 3 Part. Semoga anda memaklumi ini.

Manfaatkan Google Penelusuran Lanjutan

Google menanamkan fitur yang sangat berguna untuk penggunanya dalam hal penelusuran. Namanya adalah "Google Penelusuran Lanjutan" atau dalam bahasa Ingrris "Google Advance Search". Saya sendiri khususnya sangat senang dengan fitur ini, karena bisa membantu saya dalam mencari file/website/forum/dll yang sedang memang menjadi target pencarian saya.
Untuk mendapatkannya, anda harus membuka halaman "Google Penelusuran Lanjutan" melalui Google dan anda tulis saja di kotak pencariannya dengan teks "Penelusuran Lanjutan" kemudian Enter. Maka disitu Google akan menampilkan Link dari Google Penelusuran Lanjutan. Atau anda bisa langsung membukannya melalui link ini https://www.google.co.id/advanced_search .

Sekarang, lihatlah screenshot dari Google Penelusuran Lanjutan di bawah ini, mungkin anda akan bisa langsung menggunakannya, karena disitu sudah ada penjelasan dari aksi yang akan anda pilih yang berada tepat di sebelah kanan teks field.

Mendapat Hasil Pencarian Tepat di Google
dengan Google Penelusuran Lanjutan


Lalu, apa saja keuntungan yang dapat anda peroleh dari Google Penelusuran Lanjutan ini? Nah, santai saja. Bagi anda yang mau mencoba fitur ini tapi takut dikarenakan masih awam, kami siap memberikan beberapa keuntungan yang saya rasakan setelah menggunakan fitur Google yang satu ini.

1. Memberikan Pengecualian untuk Beberapa Kata

Pada teks fileld nomor 4 dalam urutan, ada tulisan dimana "tak satu pun dari kata-kata berikut:". Disini Google ingin memberikan pengalaman yang eklusif untuk penggunanya, dimana kita bisa membatasi tampilan dari halaman web untuk tidak menampilkan salah satu dari kata yang kita tidak ingin tampilkan. Misalnya :
Anto ingin mencari di Google "Rahasia masakan enak", tapi yang muncul di mesin Google adalah "Rahasia makanan tidak enak", solusi tepat yang bisa di manfaatkan Anto dengan mesin Google Penelusuran Lanjutan adalah dengan menuliskan pengecualian untuk kata "tidak enak", sehingga Google hanya menampilkan kata yang selain kata "tidak enak" saja. misal lezat.

2. Menyaring Bahasa yang di Tampilkan

Ini dia fitur yang tidak semua mesin pencari miliki dan hanya Google yang punya, dimana Google dapat mendeteksi dengan sendiri tentang bahasa di laman web yang akan kita kunjungi. Dengan fitur ini saya rasa mesin pencarian Google sangat terlihat professional karena fitur pencariannya tidak hanya memacu pada kata semata tetapi pada bahasa yang digunakan.

Fitur ini hampir mirip dengan No.3 tapi juga memiliki perbedaan antara lain.

a. Dengan ini, artikel yang ditampilkan semua kawasan.
b. Cuma menampilkan post artikel dari bahasa itu saja.

3. Menemukan Artikel di Sebuah Kawasan Tertentu

Perlu anda ketahui, bahwa tidak semua artikel di publish oleh publisher (penulis) untuk publik. Ada beberapa di antara artikel itu yang di publish untuk daerah tertentu saja. Misal document negara atau surat penting.

Oleh karena itu,  Google menerapkan fitur tertera ke mesin pencariannya. Untuk fitur sendiri bisa saya bilang ini hampir sama dengan menyaring bahasa, akan tetapi yang membedakan adalah :

a. Dengan ini, artikel yang ditampilkan semua bahasa.
b. Cuma menampilkan post artikel dari kawasan itu saja.

4.  Membatasi Tanggal Artikel

Anda bisa membatasi untuk artikel yang ditampilkan minimal pada tanggal tertentu, seperti Seminggu yang lalu, Sebulan yang lalu. Setahun yang lalu, dll.
Untuk menggunakannya anda hanya harus mengedit di bagian terakhir diperbarui:

5. Mencari Jenis File

Bagi kalangan pebisnis,anak kuliahan (mahasiswa), siswa biasa (mahasiswi), mencari file .ppt, .pdf, .doc memanglah sangat penting, kenapa? karena file-file tersebut selain bisa digunakan untuk presentasi hasil karya, tetapi juga bisa digunakan untuk referensi juga, oleh karena itu Google menerapkan fitur filter dengan extensi ini di alat canggihnya.
Anda bisa mengeditnya di jenis file:


Mungkin hanya itu yang bisa jelaskan kepada anda sampai saat ini, apabila ada kekurangan saya minta maaf. Jika anda punya tambahan mohon ditambahkan.

Kesimpulan

Secanggih apapun anda memfilter postingan, tapi kalau memang data yang dimiliki Google belum ada untuk data yang anda cari, maka anda harus sabar karena hasil pencarian anda pasti tidak akan ditemukan.

TAGS #blogger #SEO #Keyword #Search

SEMOGA BERMANFAAT

Share this :

2 Komentar
avatar

Bener mas google jg punya keterbatasan...

Balas
avatar

manusia yang diciptakan Tuhan saja punya keterbatasan. apalagi Google yang di ciptakan manusia .. itu sudah pasti TERBATAS .. haha

Balas

Gunakanlah form komentar dengan baik dan bijak, hargailah penulis.
Komentar yang mengandung SPAM tidak akan di tampilka penulis

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔