Mendapat Pencarian Tepat Dengan Google Dork

Sunday, July 05, 2015

Baca Juga

OPOSIP- Sebelumnya saya sudah membahas tentang bagaimana membuat agar hasil pencarian kita tepat 100% di Google pada Cara Mendapat Hasil Pencarian Tepat di Google | PART 1 yang memanfaatkan "Google Penelusuran Lanjutan" sebagai alat yang membantu. Nah sekarang kita langsung menuju ke Part 2.
Part 2 kali ini saya tidak menggunakan tool dari Google lagi, tapi saya memanfaatkan logika tersembunyi yang dimiliki oleh Google di raja mesin pencari. Sebelum saya memulai topik, alangkah baiknya jika anda mengenal logika apa yang akan saya pakai kali ini. Maka dari itu saya akan mengenalkan kepada anda terlebih dahulu.

Memanfaatkan Google Dork

Google Dork
Namanya adalah Google Dork. Ada yang pernah mendengar istilah itu sebelumnya apa baru mendengarkan kali ini? Yap, Google Dork memang hanya dimiliki oleh mesin pencari Google saja (kemungkinan). Soalnya sampai saat ini saya belum melihat (sebut saja) BING.com yang memperkenalkan fitur serupa untuk mesin pencarinya. Hal ini memanglah bukan fitur umum yang diharuskan untuk ditanamkan dan diperkenalkan kepada publik pengguna mesin pencari sendiri. Pasalnya, penggunaan fitur ini harus benar dilakukan oleh ahli (bukan untuk pemula) dalam bidang dan hal cari-mencari info di internet. Ini melibatkan banyak sekali kode kode yang akan menekankan anda untuk menghafalnya daripada langsung menggunakannya untuk hal yang pasti.

Bagaimana Cara Kerja Google Dork

Google Dork bekerja sangat efisien ketimbang mesin penelusur bawaan Google. Tapi tentu saja penulisan teksnya juga terlalu banyak untuk anda ketikan satu-persatu. Misalnya saja, saya ingin mencari halaman dengan teks “makanan” maka saya bisa saja menuliskan “makanan” saja di mesin Google untuk mendapatkan hasil yang saya inginkan, tapi biasanya masalah datangnya dari sini. Yang muncul bukanlah “makanan” tapi malah “masakan” lalu bagaimana cara mengatasinya? Tenang, kan saya ada Google Dork. Tinggal saya tulis daja di kotak mesin pencari dengan intext:”makanan”. Dan lihat yang terjadi, maka yang muncul di kotak pencarian anda dipastikan dengan semua teks yang bertuliskan “makanan”.
Sampai disini saya rasa anda masih bingung dengan yang satu ini, iya kan? Jujur saja. Oke saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai kode-kode Google Dork yang saya ketahui untuk anda. Silahkan disimak baik-baik.

Cara Menggunakan Google Dork

  1. Intext:”Kata Yang Dicari”
    Intext bisa anda gunakan untuk mencari teks apa yang akan anda cari pada sebuah halaman web. Misalnya saja tadi intext:”makanan” maka yang pasti dan pertama dicari dan dimunculkan oleh mesin Google adalah website dengan kata dihalamannya “makanan”.
  2. Intitle:”Judul Yang Dicari”
    Intitle digunakan untuk anda yang mencari judul dari halaman website. Misalkan saja kita mau login ke facebook.com, maka disitu (jika anda menggunakan bahasa Indonesia) maka akan ada tulisan “Selamat Datang di Facebook” pada tab browser anda. Nah itu dinamakan title page website. Intitle fungsinya untuk itu! Yaitu mencari title halaman website.
  3. Date:”Tanggal Yang Anda Inginkan”
    Date bisa anda gunakan untuk mencari minimal tanggal berapa yang akan tampil di halaman muka pencarian Google anda. Misalkan saja saya menuliskan date:”2015” maka yang akan muncul di halaman pencarian saya adalah semua postingan yang dibuat pada tahun 2015
  4. Ext:”Mencari Ektensi File”
    Ext bisa anda gunakan untuk mencari dokumen tertentu yang bisa langsung anda download. Misalnya saja Ext:”pdf” maka Google akan menampilkan postingan yang isinya langsung menuju link download file itu tanpa anda harus ribet mencari link download.
  5. Site:”Nama Situs”
    Site bisa menampilkan postingan hanya dari situs yang telah anda tentukan sendiri. Misalnya, intext:”chrome” site:”4shared.com” maka mesin Google akan menampilkan semua data untuk kata “chrome” di situs “4shared.com”


Kesimpulan


Jika anda ingin menggunakan Google Dork alangkah baiknya jika anda benar-benar menguasainya, pasalnya jika anda menggunakan Dork yang tidak lazim, bisa saja Google memblock IP anda karena di curigai melakukan yang tidak benar dan sesuai TOS Google.

Share this :

2 Komentar
avatar

Kata kunci yg dimasukkan jg bisa menentukan ya mas...

Balas
avatar

iya mas, seumpama misal kita ibarat mencari apel dalam perpustakaan

Balas

Gunakanlah form komentar dengan baik dan bijak, hargailah penulis.
Komentar yang mengandung SPAM tidak akan di tampilka penulis

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔